Marketing, mungkin ketika Anda membaca ataupun mendengar kata ini langsung terbayang seorang salesman dan saleswoman yang menawarkan produk baik barang maupun jasa dari berbagai macam perusahaan. Banyak orang berpandangan negatif tentang pekerjaan seorang Marketing.
Sebenarnya Marketing adalah ujung tombak suatu
perusahaan yang akan menentuakan apakah suatu perusahaan akan meraih
kesuksesan atau kemunduran. Tugas utamanya , yaitu menjual produk atau
jasa yang merupakan sumber pemasukan bagi suatu perusahaan. Banyak yang
mengatakan bahwa apabila Anda pernah kerja sebagai
Marketing disuatu perusahaan, maka Anda akan memiliki lebih besar jiwa
dan semangat juang dalam menghadapi kerasnya kehidupan didunia ini.
Berikut ini beberapa tips untuk menjadi seorang Marketing yang berhasil :
Kenali market Anda
Tentukan segmen mana yang akan Anda
pasarkan produk / jasa yang Anda jual. Pastikan Anda menjualnya pada
orang yang tepat , the right user.
Berpenampilan menarik
Kesan pertama tentang diri Anda akan
terlihat dari penampilan Anda. Anda tidak pernah tahu kapan dan di mana
Anda akan bertemu dengan calon client Anda. Jadi, berikanlah kesan baik
dan meyakinkan senantiasa kapan pun calon client melihat Anda, karena
dengan penampilan Anda yang nampak rapih dan meyakinkan maka client Anda
akan menilai bahwa produk atau jasa yang ditawarkan memiliki kualitas
yang baik.
Perluaslah koneksi atau kenalan Anda
Kembangkan sayap Anda, jangan hanya terbatas lingkup kecil saja. Perluas wawasan Anda untuk memasuki dunia yang belum pernah tahu. Semakin banyak koneksi dan wawasan yang Anda miliki maka semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan client baru.
Kuasai produk atau jasa yang ditawarkan (product knowledge)
Product Knowledge merupakan factor yang harus Anda kuasai. Bagaimana
mungkin Anda menawarkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada calon client tapi Anda belum menguasai secara penuh mengenai kelebihan, kekurangan, harga, kualitas dan hal lainnya.
Keluar dari comfort zone
Beranikan diri Anda untuk melangkah keluar dari zona nyaman untuk mendapatkan tantangan baru, misalnya mendapatkan client dari kalangan yang pernah Anda masuki sebelumnya. Hal ini akan menuntut Anda untuk memiliki kemampuan kecepatan beradaptasi.
Jangan cepat puas dengan apa yang sudah Anda raih. Anda bekerja dengan
target, jika Anda bisa untuk mendapatkan yang lebih maka tidak ada
alasan bagi Anda untuk berhenti.
Ciptakan antusiasme dalam diri Anda
Untuk menciptakan antusiasme dibutuhkan usaha dan kerja keras,
intensionalitas, dan tindakan. Antusiasme adalah tindakan atau usaha
bukan hanya sebuah cita-cita. Maka berusahalah untuk mewujudkan apa yang
sudah Anda cita-citakan.
Ketahanan mental
Dunia Marketing adalah dunia yang penuh dengan persaingan dalam hal apa pun, oleh karena itu Anda harus memiliki mental yang sangat kuat. Penawaran yang Anda ajukan tidak selalu dapat diterima oleh client. Penolakan merupakan hal yang sudah wajar dalam dunia Marketing, maka dibutuhkan kesabaran dan ketahanan mental yang ekstra. Tetap konsisten dalam pekerjaan dan pantang menyerah adalah kunci kesuksesan Anda.
Catat testimonial.
Jika Client Anda
merasa puas dengan produk atau jasa yang Anda jual, catat testimoni
dari mereka. Sebuah testimoni sangat berarti sebagai bukti keunggulan
produk Anda. Mereka mungkin akan mengatakan hal-hal yang tidak pernah
terpikirkan oleh Anda.
Sumber : vibizmanagement.com
0 komentar:
Posting Komentar